Bahaya Penyakit Kuning Pada Bayi Dan Orang Dewasa

Penyakit kuning atau liver adalah penyakit yang harus ditangani dengan serius karena jika tidak bisa menimbulkan bahaya, dan berikut ini adalah beberapa bahaya penyakit kuning yang bisa terjadi pada bayi maupun orang dewasa.

Bahaya Penyakit Kuning

Sakit kuning adalah kondisi dimana menguningnya kulit, bagian putih pada mata ( sklera ), membren mukosa hidung dan mulut serta kuku akibat dari terjadinya penumpukan bilirubun dalam darah dan jaringan tubuh lainnya. Tidak hanya itu gejala yang muncul juga bisa berupa urine yang berwarna keruh ( gelap ) hingga tinja berwarna pucat.

Bilirubin adalah zat yang dihasilkan ketika hemoglobin dalam darah terurai akibat proses pembaharuan sel darah merah yang sudah tua atau rusak, dimana zat tersebut akan masuk ke pembuluh darah untuk dibawa ke organ hati.

Didalam hati zat bilirubin akan bercampur dengan cairan empedu, lalu dipindahkan ke saluran pencernaan melalui saluran empedu yang selanjutnya di buang keluar tubuh melalui urine atau tinja.

Jika proses tersebut terhambat, maka bilirubin bisa menumpuk dalam darah dan mengendap di kulit sehingga munculnya beberapa gejala penyakit kuning.

Terhambatnya bilirubin masuk ke hati atau empedu bisa disebabkan oleh terganggunya fungsi dari hati atau empedu.

Berikut ini adalah beberapa faktor atau kondisi medis yang bisa menyebabkan hati mengalami kerusakan sehingga tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya, yakni :

  • Konsumsi minuman beralkohol berlebihan
  • Sirosis
  • Sindrom Gilbert
  • Leptospirosis
  • Hepatitis B, dan C
  • Demam kelenjar
  • Kanker hati
  • Penggunaan ekstasi
  • Paparan carbon tetrachloride (bahan yang dipakai untuk pembuatan kulkas) atau phenol (bahan yang dipakai dalam pembuatan plastik)
  • Obesitas

Selain terganggunya hati, gangguan empedu juga bisa menjadi penyebab utama timbulnya penyakit kuning, dan berikut ini adalah beberapa penyebab atau kondisi medis yang bisa menyebabkan fungsi empedu, terganggu, yakni :

  • Infeksi empedu
  • Pankreatitis
  • Batu empeduĀ­
  • Cholangitis
  • Infeksi parasit
  • Kanker pankreas, kanker saluran empedu, dan kanker kandung empedu

Dapat disimpulkan bahwa, penyakit kuning muncul sebagai akibat dari adanya gangguan hati dan empedu yang disebabkan oleh berbagai kondisi medis atau penyakit tertentu.

Akan tetapi masyarakat awam mendeskripsikan penyakit kuning sebagai penyakit liver karena memang penyakit kuning indentik dengan penyakit gangguan dari fungsi hati ini.

Bahaya Penyakit Kuning Pada Bayi Dan Orang Dewasa

Penyakit kuning termasuk penyakit yang tidak boleh di anggap sepele karena bisa menimbulkan bahaya yang berakibat fatal yakni menyebabkan kematian jika tidak diatasi dan diobati dengan serius, untuk itu jangan pernah abaikan penyakit kuning segera obati jika saat ini anda atau orang terdekat anda mengalami tanda atau gejala penyakit kuning.

Berikut ini adalah beberapa bahaya penyakit kuning pada bayi dan orang dewasa yang bisa terjadi jika tidak mendapatkan penanganan serius, yakni :

Sirosis Hati ( Pengerasan Hati )

Sirosis hati adalah kondisi dimana terbentuknya jaringan parut di hati sebagai akibat dari hati mengalami kerusakan dalam jangka panjang, kondisi ini jelas akan sangat berbahaya karena secara bertahap fungi hati akan berkurang sebagai akibat dari jaringan yang sehat tergantikan oleh jaringan parut sehingga aliran darah menuju hati menjadi terhambat dan lama kelamaan hati tidak bisa berfungsi sama sekali.

Celakanya kerusakan hati akibat sirosis hati tidak bisa diperbaiki sehingga penyakit tidak bisa disembuhkan.

Pembengkakan Hati

Pembengkakan hati jelas adalah kondisi yang tidak biasa dan berbahaya, hal tersebut muncul akibat dari tingginya lemak di hati yang mana kondisi ini bisa menyebabkan fungsi hati terganggu.

Beberapa kondisi atau gejala yang muncul jika hati mengalami pembengkakan adalah cepat lelah, tubuh mudah memas, sering mengantuk, gatal pada mata, terkena penyakit kuning, perut menjadi buncit, sering sakit kepala, kejang dan mengalami penurunan berat badan.

Kanker Hati

Kanker hati adalah kondisi dimana adanya perkembangan dan pertumbuhal sel abnormal dalam hati sehingga fungsi dari hati menjadi terganggu hingga kehilangan fungsinya, jika sudah begitu maka jelas sangat berbahaya.

Kanker hati tidak memiliki atau menimbulkan gejala yang spesifik diawal kemunculanya hanya sebatas meras kelelahan dan mual sehingga banyak penderita yang tidak menuadari dirinya terkena penyakit kanker hati.

Gejala kanker hati baru muncul jika penyakit sudah sampai pada stadium lanjut, yakni berupa : mual-mual, kelelahan, muntah, penurunan berat badan serta mengalami penyakit kuning.

Kematian

Jika penyakit kuning sudah parah maka bisa menyebabkan penderita meregang nyawa sebagai akibat dari hati tidak bisa fungsi sama sekali sehingga proses metabolisme dalam tubuh menjadi terganggu.

Itulah beberapa bahaya penyakit kuning yang bisa terjadi pada bayi dan orang dewasa jika tidak diobati dengan serius, untuk itu jangan pernah abaikan segera atasi dengan tuntas jika saat ini anda atau orang terdekat anda didiaknosa terkena penyakit kuning utamanya karena gangguan hati.

Dengan begitu maka hal buruk akibat bahaya penyakit kuning bisa dihindari, jadi jangan abaikan obati segera.

Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami, jangan lupa bagikan jika anda rasa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *